Skema Rangkaian Merubah Tegangan 12 Volt DC ke 230 Volt AC.


Untuk dapat menyalahkan lampu TL menggunakan batterai/aqqu, diperlukan sebuah inverter. Dengan inverter tersebut, tegangan 12 Volt DC dirubah menjadi 230 Volt AC.

Dalam kesempatan ini, saya mencoba mencontohkan alat inverter yang paling sederhana yang dapat kita buat sendiri.

Cara ini menghasilkan kurang lebih 300 Watt saja. Jika mau lebih, gunakan transistor diparalel dan diberi pendingin (heatsink) dan travonya beramper besar.

Perhatian:: HATI-HATI, TEGANGAN 220 VOLT CUKUP KUAT UNTUK MEMBUAT ANDA WAFAT.

Rangkaian di atas, bukan untuk pemula dibidang elektronika.

CATATAN:

Untuk mendapatkan Resistor 690 Ohm 1,5 Watt, dapat memparalel 3 buah resistor 2,200 Ohm 0,5 Watt. Jadi untuk keperluan diatas, diperlukan 6 buah resistor 2,200 Ohm 0,5 Watt.

About these ads

149 Komentar

Filed under Umum

149 responses to “Skema Rangkaian Merubah Tegangan 12 Volt DC ke 230 Volt AC.

  1. joniantoro

    Apakah saya bisa gunakan untuk menyetrum ikan di parit-2 sawah, misalnya belut yang mengganggu. jika bisa berapa ampere ya traffo nya. thanks

  2. rey

    emamg sederhana banget.
    mas klo bisa saya minta rangkaian changer battery nya trus penstabil tegangannya.tolong ya mas.kirim di email juga gk apa2.trima kasih sebelumnya mas.
    salam knl

  3. nana

    apa saja alat yg harus di beli d toko ya?

    • 1. Trafo 12 Volt CT (antara 500 mA – 2 A).
      2. Transistor 2N 3055 (2 buah + pendingin)
      3 Resistor 690 Ohm 1,5 watt. (bisa juga dengan resistor 690 ohm 0,5 watt tapi 3 buah di paralel).

      • Resistornya 690 1,5 watt 2 buah. Kalau mau pake setengah watt, masing-masing diparalel 3 buah. Resistor diparalel akan meningkatkan ketahanan wattnya.

  4. mas abdilah, untuk V inputnya yang 12 volt itu butuh bewrapa ampere? dan keluaran v output andai menggunakan trafo yang 1 ampere misalnya, v output dan I output nya berapa mas? dan ada perhitungan tentang V input dan v output serta I in dan out ndak mas?
    Saya tertarik membuat V inputnya dari belimbing wuluh, jadi kita benar2 membuat sumber listrik baru. mohon di jawab mas. terima kasih.

  5. mamas

    untuk membuat adaptor input 220 v menjadi output 48 volt gman ya boz?mohon skema dan alatya.nuwun

  6. bams

    mas… kalau merubah arus 12 volt ac jadi 220 volt ac bisa gak , kalua ada saya minta rngkaian nya buat tugas akhir mass wasalam

    • 12 Volt AC ke 220 Volt AC?. Diperoleh dari mana tegangan 12 ACnya?.
      Bisa saja menggunakan transformator (trafo), tapi trafo 12 Volt AC ke 220 Volt AC dipasaran tidak ada.

      Cara mudahnya, rubah 12 Volt AC ke 12 Volt DC dengan menggunakan dioda bridge/rectifier, lalu menggunakan inventer 12 Volt DC ke 220 Volt AC.

      Begitu saya kira.

  7. mas…. tegangan 12 Vdc nya bisa ga dari battrey basah (batrey basah motor).. mau dipakai untuk alat mesin air 220V 90W. Tegangan 12Vdc nya ada +12 V dan -12V…gimana cara buatnya dari batery basah.. Tq

  8. budi

    Mas out put AC nya bisa nggak digunakan untuk charge HP atau Laptop, thanks

  9. dool

    Mas bisa nggak Resistor 690 Ohm 1,5 watt/0,5 watt di ganti dngan yg lain soalnya aq cr d tko2 tempat q nggak dpt, kalau bisa d ganti dngan apa?

    • Bisa dipararalel yang 1/2 watt 3 buah. Hitungan Ohm-nya cari sendiri yah. Gampang kok. Pokoknya jatuhnya nanti Nilai Resistornya 690 Ohm 1,5 watt. Tanya guru atau teman yg suka elektronika deh.

  10. erna caem

    apa bisa untuk menyalakan pompa air mas.Lha biasanya kalau menyiram air di sawah aku ambil di sungai jauh…kalau bisa kan enak>>……tinggal bawa pompa air listrik…Mohon Pencerahan…

    • Untuk menghidupkan pompa air, kita harus tahu berapa PK kekuatan pompa air. 1 PK = 746 Watt (kurang lebih, maaf lupa-lupa ingat). Maka setidaknya diperlukan inverter 1000 watt. itu kalau kekuatan pompa 1 PK. Dengan demikian perlu baterai bank (sekumpulan baterai) minimal per batere 12 volt 80 Ah. Untuk membuat inveter diatas mampu mensuplay 1000 watt perlu diparalel transistornya 4 buah dengan pendidingin yang memadai. Begitu pula Trafonya beramper besar. Menurut saya agak rumit membuat inverter 1000 watt. Anda mending beli inverter 1000 watt saja di Toko. Di Jakarta ada di Pasar Kenari Baru. Baterainya diperlukan sedikitnya 4 buah berkekuatan 12 Volt 80 Ah.

      Kalau ada pemirsa blog ini,boleh kasih komentar untuk di share soal listrik dari baterai menggunakan inverter untuk pompa air ini. Agar masalah air di pertanian dapat teratasi. Terima kasih.

  11. richard

    mas mau tanya dong inverter itu bisa dari 5vdc ke 500vac tidak kira2? maaf awam banget nih,,trims

  12. adie ibnu adi

    kok saya coba buat tapi out put tegangannya saya ukur cuma sekitar 100 volt? saya gunakan resistornya yang 680 ohm 5watt karna waktu beli yang setengah watt gak ada. gimana mas solusinya?

  13. mohon pencerahan mas….saya ingin variasi motor saya dengan lampu2 yang cukup terang spt lampu sorot yang AC bisa dipasangkan ke motor gak (pakai DC) ?, kalau bisa kasih tau rahasianya dong….makasih….

    • Terlepas mau buat lampu motor atau tidak, ya bisa saja dipasang di motor. Saya juga pasang di mobil saya kok. Soal lampu terang, gunakan lampu yang wattnya terang (Lampu DC Halogen misalnya cukup terang kok. Jadi tidak harus AC atau DC yang membuat lampu menjadi terang. Saran saya, modifikasi spul motor agar beramper besar. Dengan gitu, meskipun DC ente akan dapat gunakan accu beramper besar pula.

  14. Dicoba aja dulu. Nanti khan pertanyaan itu akan Anda temukan jawabannya.

  15. fera hazweldi putra

    mas, klo kita mengunakan battry yg bagus (5 A / accu motor) tahannya berapa lama jika kita menggunakan lampu phillip tornado yang 45 watt. (kira-kira berapa jam pemakaian mas…..?
    trims atas jwabnya mas…

    • Coba Adik tanya ke Guru Fisika atau Elektronika di Sekolah. Adik bertanya berarti Adik cukup kritis terhadap fenomena (tanda-tanda/gejala-gejala) yang ada. Kritis terhadap fenomena adalah ciri anak yang berbakat jadi ilmuwan. Maju terus yah.

    • Jika baterai 5 Amper dengan tegangan 12 Volt, maka baterai tersebut memiliki daya 60 watt. Artinya baterai tersebut dapat digunakan untuk menyalakan lampu phillip 45 watt sebanya 1 buah (60 : 45 = 1,33). Untuk jumlah waktunya, sebaiknya dicoba saja dulu dan hitung berapa lama. Jika sudah ketahuan, maka siapkan baterai lain sejumlah waktu yang diperlukan. Diparalel aja baterainya sehingga bisa memberikan waktu penyalaan lampu sesuai yang kita butuhkan.

  16. Mancek

    Salam mas, sy tuh ada subwofer dgn arus AC (sy lupa wattnya) ingin sy pasang d mobil dgn arus DC, tpi kalau bisa tnpa mnggunakan trafo AC yg ada ddlm subwofer tersebut, setelah sy buka komponen d dlam subwover teryata menggunakan skema trafo CT bukan seri (input AC 110/220 output k komponen CT 12 volt), bisa nggak skema mas sy gunakan tpi sy cut d bagian trafonya tdk sy gunakan jdi langsung input dari power d mobil msuk k inverter DC dan outputnya DC juga tpi CT, trimakasih bnyk, salam

    • Agak susah kalau nggak lihat skemanya. Yang jelas rangkaian saya itu nggak beda dengan liplop dengan frekuensi 60 Hz. Jadi arus dc di buat nyala mati berbipindah positifnya kiri kanan. Persis liplop.

      Soal DC CT, baterai jika dihubungkan secara seri (anggap dua baterai) maka kita akan dapatkan kutup positif di atas, perpaduan positif negatif di tengah, dan negatif di bawah. Maka yang tengak = CT. Gitu.

  17. heru

    rangkaian diatas trlalu simple, dan gak tahan panas,.lebih bagus dengan membuat flip-flop 2 transistor 50-60hz, penguatnya pake fet type IRFZ44, bisa pake trafo 10Amp. Mampu nyalain 6 buah lampu philips 23watts. Sukses buat semua.

    • Terima kasih sarannya dan masukkannya. Sukses juga buat Anda. Semoga ilmu Anda bermanfaat bagi kami semua. Amiin. Kalau ada lagi informasi, dengan senang hati kami menerianya. Terima kasih sekali lagi.

  18. Husnul

    Numpang tanya, saya ada subwofer dgn input 220 VAC, Ketika saya lihat d dlm rangkaian subwofer terdapat trafo dgn input 220VAC 50hz & output 15 VDC x 2, 1.6 A dan 12 VDC x 2, 1.5 A, pertanyaanya, bisakah trafo saya cut, langsung ambil arus dr accu 12 VDC 60 ampere plug and play?

    • Bisa aja. Hanya saja transistornya akan cepat panas dan jebol. Perlu diparalel dan menggunakan pendingin. Outputnya saya kita akan berkurang dari 220 Volt karena inputnya khan hanya 12 volt, sedang trafo Anda inputnya untuk rangkaian ini khan 2 x 15 volt. Tapi coba aja dulu. Sediakan transistor yg memadai untuk eksperimen. Jadi kalau jebol masih ada lagi. Untuk belajar, rugi2 biaya tak apalah.

  19. reza

    Numpang tanya mas,aku kalau mau beli rangkaian seperti gambar diatas yang sudah jadi di jakarta didaerah didaerah mana ya,karena kalau aku beli masing2 item saya jg ngk ngerti dan ngk bs merangkainya,dan kisaran berapa harganya.thaks

    • Kalau begitu, beli saja yg sudah siap pakai. Nama Barangnya INVERTER DC 12 VOLT KE AC. Harganya berkisar antara 150 ribu s/d 300 ribu untuk yang 300 watt. Untuk 1000 watt beda lagi harganya. Di Jakarta bisa di beli toko pertokoan Kenari Baru, di Glodok, atau toko-toko listrik besar,

  20. reza

    Tanya lagi mas,jika saya gunakan accu mobil. yang berdaya 40 volt kira-kira travonya ukurannya beda ato tidak,sedangkan untuk accu motor 12.volt.thanks

  21. hamzah

    cara kerja rangkaian ini gimana masssssss?

  22. abdul bais nasution

    Mas mw nanya mas…..
    rangkaian yg mas kasi te to kan make baterai, gimana misalnya kalo baterai to di ganti sama sumber tenaga lain, misalnya dinamo DC yg tegangnnya 12 Volt juga ?
    kira-kira gimana to mas hasilnya ???

    sory mas nanya ny kyak gtu alnya baru siswa klas 2 SMK……

  23. dedi

    aslkm … mas tanya … jika g pake -12 bisa g” dan kalo travo bukan ct … bisa g!!!

  24. mas mantap banget artikelnya mau saya coba

  25. mas,saya ada GPS merk jepang yang hanya mampu dialiri arus 100 volt. sayang kalau dibuang,beratnya mungkin ada sekitar 25 kg. saya ingin tanya,gimana cara saya biar alat tersebut dapat saya pergunakan di tegangan 220 volt.apakah ada unit-unit yang harus saya tambahkan,bisakah saya dipandu? terimakasih sebelumnya

  26. putra

    aku pake resistor 5W 0,22
    ko ga bisa ea
    blz k email q ja

  27. abie

    salam kenal mas.
    mas gambar rangkainnya mana mas?
    kok saya cari2 tidak ada.
    saya ingin minta mas gambar rangkaiannya untuk tugas saya,,
    terima kasih.

  28. abie

    mas kalo travo ct nya 0 – 220 bsa ga?
    apa harus pake yang 0-230.
    kira2 resistor 690 ohm 1.5 watt ada tidak di pasaran?
    untuk transistornya pake yang jengkol apa yang gmn mas?
    trus sama 12 V dc nya pake aki yang seperti apa mas?
    apa semua aki bisa digunakan.

    terima kasih mas.

  29. abie

    kalau resistor 2200 ohm di paralel 3 buah,hasilnya yaitu 733,33 ohm…apa itu bisa mas?
    terima kasih.

  30. abie

    inverter ini untuk menyalakan lampu yang berapa watt?

  31. yoga

    kok saya cba buat nyalain lampu philip 14watt hanya kedip saja mas, solusinya apa

    • Baterainya cukup? Tegangan dan ampernya?. Komponen elektronikanya sesuai yang di gambar?. Ada yg beda?. Traffonya pake yang brapa amper? 2 – 5 amper cukup kok.

      • yoga

        kalau pakai transistor 2sc1213 bisa gak mas?,kalo buat nyalain lampu 14watt btuh brapa trnstr mas, dan bagemana cra memparalelnya???

        .makasih,,,,,@

  32. yoga

    kalau transistornya pake 2sc1413 bisa gak mas,? untk mnyalakn lampu 14watt btuh brapa tr dan bgaimana cra memparalelnya,,,??
    mkasih sbelumnya

  33. abie

    saya telah mencoba inverter seperti di atas,tapi kok ga bisa ya mas buat nyalain lampu 5 watt.
    kira2 apa sebabnya ya mas?
    mohon solusinya ya mas?
    terima kasih

  34. abie

    mas saya sudah coba lagi rangkaian di atas,tapi ga mau nyala lampunya,saat saya lepas jumper di colector terus saya sentuh2in lampunya nyala mati nyala mati,terus saya pasang lagi jumpernya di colector lampunya mati.
    terus saya lepas 12 V dan ct di trafo,terus saya lepas 12V nya terus saya sentuh2in jumper di ct lampunya nyala mati nyala mati lagi mas.
    itu kenapa ya mas, apa yang salah ya?
    tolong solusinya ya mas.
    terima kasih.

  35. abie

    mas lampunya hanya kedip saja.
    apa ya mas masalahnya.
    tolong ya mas bantu saya.
    terima kasih mas.

  36. mirwan

    mas bisa minta rangkaian buat charger aki 12v & baterai kh yang paling sederhana..karna saya baru mau belajar ni..

    • Kalo punya adaptor 12 Volt, itu juga bisa digunakan sebagai charger untuk baterai yang juga 12 volt. Tinggal lihat, berapa ampernya dan kemampuan “lempeng” elemen baterai menerimanya. Misalnya: baterai 7Ah. Itu artinya baterai menerima masukan arus 1 amper selama 7 jam.

  37. abie

    mas kalau lampunya nyalanya redup,komponen apa yang harus di tambahkan?

    • Coba amper baterai/accunya menggunakan amper yang besaran dari yg sekarang. Juga traffonya.

    • Coba gunakan baterai/accu yang beramper lebih besar dari yang sekarang. Juga traffonya. Misalnya sekarang menggunakan baterai 5 amper, ganti dengan yang 7 atau 10 amper. Traffonya agar jangan sampe terbakar, maka harus diganti juga dengan yang lebih besar. Selamat mencoba.

  38. Inverter tersebut memeng sangat sederhana namun hal itu belumlah cukup untuk membuat motor pompa air bisa berputar dikarenakan belum sinus jadi kalau untuk membuat motor yang berjenis induksi magnetik harus dibuat sinus biar tidak ngorok dan motor induksi tak cepat rusak dan panas terlalu pada inverter dengan osilator 555 dan di umpankan pada ic 4017 dan di angkat pada IRF3205 ,6biji dan tentang skema googling aje

  39. pendi

    gimana cara masang transistornya.????

  40. yoga

    kalau tr nya pakek 2sc1314 bisa gak mas, dan btuh brapa utk mnghidupkan lmpu philips 23watt..??
    makasih mas

  41. misi-misi mo tnya klo dipake buat speaker aktif/sound system bisa gak.???
    dan apa yg harus dirubah.??? supaya gak ngground.??? klo trafo 5A besar, berapa watt yg keluar.???

  42. misi-misi mo tnya, klo pke speaker aktif/sound system bisa gak.???
    apa yg harus dirubah/ditambah apanya.??? klo trafo 5A besar, brapa watt yg keluar.??? n sya cari2 resistor yg kya gitu gx ada.!!! apa ada gantinya.????
    mkasih.!!!

  43. bodhi

    Mas kok inverternya sya coba gx bsa??
    Sya pake trafo powersupply 5A
    Padahal sudah ngikuti rangkaian..
    Tapi ttp gx bsa.. :(

    • Ada yang redup, ada yg sama sekali gak bisa, ada yg bisa. Bisa jadi salah satu komponennya tidak berfungsi.

      • bodhi

        semua tidak ada yang eror..
        ap karena trafo yg saya beli ada tulisan power supply transformator??

      • Harusnya gak masalah. Mungkin ada “kebocoran” di kawat emailnya. Priksa juga transistornya. Beli baru belum tentu bagus, Jangan-jangan transistornya juga jebol.

        Rangkaian itu sebenarnya hanya liplop yang menghubungkan + 12 volt dan – 12 volt ke Ground secara bergantian.

      • bodhi

        sudah saya tes sumua mas..
        termasuk sambungan kabel dan perlengkapan..
        dan kalo saya pegang ya ng bagian 220-nya tidak nyetrum mas..
        saya pake aki GS GTZ5S..
        itu tegangannya berapa ya mas??
        ap 12 volt??
        bwat charger bb, bb-nya kedip-kedip gt mas..

      • Jika saya bisa, kenapa Anda tidak bisa. Cari masalahnya hingga ketemu. Anda pasti bisa.

  44. abie

    mas keluaran tegangannya hanya sekitar 100volt ga sampai 220volt.
    supaya keluarannya 220volt bagaimana ya mas?
    terima ksih mas.

    • Artinya sudah mulai bisa yah?. Masalahnya sepertinya pada sumber tegangan dan mungkin juga pada traffonya. Coba gunakan traffo beramper besar dan baterai (sumber tegangan) diparalel.

      Atau kalo mau coba dengan resiko traffo terbakar, gunakan dua baterai yg dihubungkan secara seri. Artinya baterainya 24 volt. apakah voltagenya naik? Berani coba?.

  45. abie

    iya nih mas sudah mulai bisa, tinggal tegangannya aja yang di tambahin.
    tapi sudah saya coba dengan catu daya dan tegangannya sudah mencapai 220v.
    terima kasih banyak ya mas atas masukannya.

  46. david xaotzar

    saya coba merakit rangkaian ini koq cuma kuat untuk lampu PLC 30 W,ditambah pakai lampu lagi malah ngga kuat,kenapa ya mas apa saya merakit atau gimana tapi menurut say sih ngga salah soalnya saya sendiri dirumah buka servis elektronik.

  47. abie

    mas,,
    software buat merancang rangkaian apa ya mas???
    tolong ya mas,,
    tapi softwarenya yang free ya mas..
    terima kasih.

  48. hadi yanda

    Mas tolong buatkan skema adaptor ct25volt, tegangan outputny 50volt

  49. muslih

    mas, klw buat cpu ngangkat gak ya?

    • Baiknya dicoba, terus cari cara gimana supaya ngangkat. Misalnya menghubungkan paralel beberapa baterai agar ampernya naik, dan kemudian tingkatkan amper trafonya. Apa perlu juga transistornya di paralel?.

      • bodhi

        Mas bwat idupin speaker aktif bsa..
        Tp kok bwat cas btrai laptop, blackberry kok gx bsa ya??
        Trus trafonya bunyi gt..
        Ap ad msalah d’trafonya mas???

      • Traffo bunyi karena kurang bagus. Soal buat laptop, mungkin dayanya kurang. Saya bisa kok. Coba ukur outputnya, dapet 220 Volt nggak?.

      • iya mas.. dya kalo cas batrai blackberry kedip-kedip semua.. saya pdahal sudh gan ti baru semua, trafo 5A rngkaian ngkuti yg d’atas..

      • Sepertinya tegangannya gak ngangkat, artinya gak sampai 220 Volt. Ya sudah gunakan saja untuk lampu darurat sambil cari inti masalahnya kemudian kembangkan sendiri bagaimana supaya multiguna.

  50. enal

    apakah inverter itu bisa buat las listrik apakah trafonya tidak hangus….kan kalo las listrik pakai transistor jenis mosfet mohon pencerahannya

  51. giepramana

    mas ada gk rangkaian menurunkan teg 12 VDC dari aki basah menjadi teg 5 Volt stengah ampere..tolong ya mas

  52. arif

    perlu di coba….input12v or 24 apa sama saja mau saya coba untuk dipasang di truk

  53. mumin

    maaf mas mau tanya,..?…ada gak rangkai inverter tersebut yang ga pake trafo CT supaya dapat di tenteng kmana-mana…terima kasih..

  54. cmd

    mas, misalkn daya listrik rumah 450watt (listrik pln) digabung dengan alat yg mas bikin (paralel/seri) apa yg akan terjadi yahh?
    maaf nubitol bangets

  55. nur rokhis adi nugroho

    mas,,, itu pake trafo biasa mbook??? yang biasa dipasang buat adaptor….
    kalo pake trafo 5 ato 10 amper bedanya apa???
    oia,,, tolong jawab ke e-mail q

  56. nur rokhis adi nugroho

    oia 1 lagi…. q minta dibuatin skema rangkaian sederhana buat mengkonvert 12 v dc ke 4.5 v dc dong???

    bales ke e-mailku

  57. mas, kalo dari aki 12 volt, tapi trafonya yang sekunder 21 volt ct bekas speaker aktif, itu bisa nggak mas?????
    thanks

  58. mas rangkean iventer input 12 vdc output 220 vac, ,kalo pake trafo strp down bisa gk?

  59. rama

    MAU nanya, gmn kalo kita coba coba pakai trafo engkel dan kita pakai hanya 1 rangkaian aja. apa bisa krn saya perna pakai trafo engkel dan saya tancapkan k dinamo amper mobil bisa untuk menyalakan lampu ac 220 v 25 w. mhn jwban. trmks

  60. Mau tanya mas.. dari rangkaian yang dijelaskan, frekuensi yang dihasilkan berapa ya, kemudian benuk gelombangnya sinus atau persegi?.. terima kasih.. saya sedang membuat Hybrite untuk listrik rumahan

  61. meta kreatif bos.mu mampir nh mu nanya ,klo maknet spul 12vldc pda speda motor,ntu bisa di ubah ke ac tdak,tmpa aki ,dengan menggunakan inferter rakitanya punya bos yg di atas,and trmksih bnyak/.

  62. mas punya rangkaian untuk mengukur jarak yang memakai receiver dan transceiver tidak mas?

  63. Joko

    Koq g bisa mas bro, ane dah coba pake batre motor beat & trafo ct 5ampere.
    G keliatan tegangan outputª?
    Pdhl outputª ane pasang bohlam 9volt lgi? G nyala juga.
    Mohon pencerahanª mas :)
    Thank’s

  64. mas saya udah biat rangakian sperti di atas. tapi saya gak mnemukan Resistor 690 ohm. trus saya ganti 680 ohm 2 watt. berhasil dan bisa menghidupkan Amplifier. tapi kog resistornya terlalu panas. biar tanpa beban di output travo. hampir mau terbakar. mohon.pencerahannya

  65. Joko

    Berhasil mas bro ane coba…
    Outputª 250v d pin 240v, koq bisa gtu mas? Malah lebih dari 250v ac apa tdk apa” mas. Trus ane coba pake mesin blender koq g nyala sama sx?
    Q coba pake charger hp bisa mas?
    Knp bisa bgtu mas…
    Ane mw coba pake lampu jari” blom ada kabel yg panjang.
    Mohon penceraharanª mas.
    Thank’s.

  66. tedi hermawan

    mas, knapa kan saya udh coba rangkaian di atas tapi ngk berhasil ,soal nya sya mengunakan transistor 2N3055 dan 2N2955 kan sepasang tapi tetep ngk nyala out pun nya jga ngk ada listik nya udh di cek ngk ada… tolong bantu. mas bls ke no 08970888691.terima kasih

  67. ases maniak

    bro boleh minta nomor telepon nya biar gampang tanya bro

  68. Bozzz,,,,

    saya mau tanya,,,
    saya sudah membuat sama persis dengan rangkaian di atas tetapi untuk Transistor 2N3055 nya saya menggunakan model TIP
    ( apakah berpengaruh )
    dan setelah selesai saya coba avo outnya benar keluar 235 vac tetapi saya coba untuk menghidupkan speker aktif kok tidak bisa menyala dan saya avo langsung drop tinggal sekitar 48 vac tetapi jika tidak ada beban saya avo 235 vac
    mohon bantuanya boz,,,
    rencana saya untuk menghidupkan speaker aktif dan akan saya taruh di mobil ,,,

    no hp saya boz 085708600670 email : trimarwanto1922@gmail.com

  69. adnin

    Mas rangkaian di atas bisa ngak untuk nyalakan tv crt/led.aki saya 60ah

  70. fidar

    Mas rangkaian di atas bisa hidupkan 1rumah

  71. fidar

    Terus berapa ampere trafonya

  72. fidar

    Mas kenapa rangkaian saya bunyi

  73. fidar

    Rangkaian transistor saya ada bunyinya apakah rangkaian saya salah

    • Agak aneh, biasanya yg berbunyi traffonya, hal itu krn kualitas traffonya belum sesuai dgn SNI atau sipembuat traffo kurang memberi sirlaknya. hingga traffo bergetar saat kumparan teraliri listrik.

      • fidar

        Bahaya ato tidak mas

      • Bahaya atau tidak itu relatif. Tergantung seberapa kamu memahami dan menggunakan pengaman. Sebaiknya menggunakan komponen yang baik dan berkualitas. Kecuali ilmu kita mumpuni menghadapi segala keadaan.

        Saya seringkali gunakan alat seadanya tapi dengan pengamanan yang cukup.

        Ganti saja transistornya. Jika ternyata traffo yg bunyi, sebaiknya juga diganti segera. Toh tidak terlalu mahal.

  74. fidar

    merek apa yang paling bagus mas

  75. fidar

    trafo saya itu ukuran 10A merek excell tapi resistornya saya pakai yang 1kohm saya paralerkan 2 langsung keluar bunyinya itu

  76. Beli saja trafo adaptor angkel yang ada 24 Voltnya, trus kasih dioda bridge dan pada plus dan minusnya kasih led dan beri resistor 1K.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s