Cara Membuat Gas Hidrogen Paling Sederhana


Oleh: FNU Abdillah.

Kali ini kita melakukan percobaan membuat gas hidrogen yang paling mudah dan sederhana.

Tapi ingat, jauhkan dari anak-anak, jangan ada yang merokok karena gas hidrogen mudah terbakar dan meledak, lakukan percobaan di lapangan/halaman luas (jangan dalam rumah). Jangan sampai percobaan ini justru membawa kerugian.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Wadah plastik untuk pendingin botol;

2. Botol bekas sirup;

3. Caustic Soda

4. Balon;

5. Air;

6. Benang.

Caranya:

1. Isilah wadah plastik dengan air sampai 1/2 nya.

2. Isilah botol dengan caustic soda kira-kira 2 – 3 sendok makan;

3. Isilah botol tadi dengan air sampai setengahnya;

4. Ambilan alumunium foil kira-kira 20 x 20 cm. Lalu remas-remaslah dan masukkan ke dalam botol;

5. Tutuplah botol dengan balon;

6. Rendamlah botol dalam air di wadah pertama tadi.

7. Setelah balon melembung besar, lepaslah dari botol dan ikatlah dengan benang.

Untuk membuktikan bahwa gas itu gas hidrogen, balon pasti bisa terbang seperti balon gas. Jika balon itu disulut api pakai tongkat, maka akan terjadi ledakan.

Untuk melakukan percobaan di atas, sekali lagi ingat!:

- Jauhkan dari anak-anak;

- Lakukan percobaan di luar rumah (halaman/lapangan);

- Jangan merokok atau menyalakan api didekatnya.

- Jangan menyentuh caustic soda/soda api (jangan kena kulit/mata).

About these ads

51 Komentar

Filed under Umum

51 responses to “Cara Membuat Gas Hidrogen Paling Sederhana

  1. joniantoro

    saya ingin tahu dahulu apa itu caustic soda, dimana bisa dibeli dan setelah terbukti bisa jadi gas hidrogen saya bisa manfaatkan untuk apa saja terutama keperluan sederhana atau sehari-hari. syukur-syukur sih bisa buat energi alternatif bahan bakar pengganti gas atau minyak.

    • Bisa beli di toko kimia. Nama lainnya adalah soda api.

    • joniantoro

      terimakasih sebelumnya atas jawaban Caustic soda yang saya tanyakan, trus mas kalau pemikiran saya apa bisa ya dengan air biasa tanpa soda api ? bukannya air itu H2o arti sederhananya hidrogen dua oxigen satu ya nggak sih. Apa tidak bisa dipisahkan keduanya jadi kita dapat hidrogennya saja. Mungkin dengan diberi listrik barangkali atau bagaimana ya? thanks

      • yankolin

        Kalau air (H2O) langsung direkasikan dengan aluminium foil tidak akan bisa bereaksi. Pada dasarnya, gas hidrogen memang ditarik dari H2O oleh aluminium tetapi dengan bantuan soda kaustik. Bahan lain yang bisa digunakan untuk menggantikan soda kaustik adalah larutan asam kuat (seperti air aki atau pembersih porselen), tapi harus hati-hati karena bisa melukai tangan. Pakai listrik? Bisa. Prosesnya bernama elektrolisis. Semoga membantu…..

      • Terima kasih sharingnya. Semoga bermanfaat buat kita sekalian. Amiin.

  2. rey

    adakah pengantinya selain soda api.kira kira berapa harga soda api itu.
    alumunium foil itu gimana bentuknya..?
    dan dimana saya bisa mendapatkannya.
    trima kasih.dan salam knl

    • Soda api murah kok di toko kimia. Untuk beli alumunium foil, ada di super market. Biasanya untuk bungkus makanan. Kalau tidak ada alumunium foil, dapat menggunakan aluminium lainnya. Misalnya bekas minumlan soda. Tapi sedikit aja. Kalau menggunakan alumunium bekas minuman soda, jangan terlalu banyak. Kira-kira seukuran dua jari orang dewasa aja.

  3. Bayu

    bagaimana klo botolnya saya ganti dengan menggunakan botol minuman yang terbuat dari plasti???trimakasih.

  4. maulana

    mas saya mau memulai usaha balon terbang cuma saya bingung cari gasnya yg saya tau klo dari abang abang tukang balon gas mereka bikin sendiri, dengan cara itu saya rasa cukup kompleks saya ingin langsung mengunakan gas helium cuma bingung mesti cari dimana dan harganyaa pun saya bingung kalo mas ada saran dan tau dimana saya bisa mendapatkan helium dan tabungnya sekiranya dapat memberitahu saya ,..
    terima kasih sebelumnya
    jungle_lana@yahoo.com
    maulana bachtiar
    terima kasih sebelumnya

  5. keterangan = coustic soda tuh soda apii
    blinya di matriyal atau di borma ada !!

  6. taufik

    mas setelah balon diikat terus itu apa bisa buat niup balon lagi berapa balon kira2 ukuran bahan segitu dapat meniup balon?….trimakasih

    • Sebaiknya dicoba dulu. Tekanan gas hidrogen cukup kuat untuk “meniup” balon. Yang jelas, jangan terlalu banyak alumunium dan soda apinya. Bisa berbahaya kalau telalu banyak. Cobalah sedikit demi sedikit. Sampai ditemukan batas bagus untuk percobaan sederhana ini yang bisa meniup balon sesuai yang kita harapkan.

  7. Faiz

    percobaan d atas bsa d blang dalam kimia termasuk k dalam percobaan ap kak?

  8. gas hidrogen, gas yang paling teringan dan paling mudah terbakar

    • Benar sekali. Oleh karenanya, jika melakukan percobaan ‘artikel’ di atas kudu hati-hati. Jauhkan dari anak-anak. Gunakan pengaman. Adik-adik pelajar yang hendak melakukan percobaan, harus didampingi oleh orang dewasa yang mengerti tentang sifat-sifat gas hidrogen serta pengamanannya.

  9. caustic soda bisadibuat dri garam dapur dgn cara dielectrolis,caranya:ambil 2buah sendokmakan dan sbatangkayu seukuran tlunjuk,lalu tempelkan sndok,satu didpankayu dn sndok satunya diblakangkayu maksudnya kedua sndok jgn sampe kontak,lalu diikat pake tali plastik,masing2 ujung sndok dililit kabel,kedua kabel dikontakin ke +- accu12v atau keadaptor12v kmudian kdua sndok dimasukin kedlm gelas yg sudah diisi garam dan air,tunggu sampai mendidih bberapa menit,angkat sndok dri glas dn jadilah caustic soda…8)..

  10. Gayus

    Pengisi balon adalah gas H2, Kata bu guruku air adalah H2O, jadi kira2 kalo balon diisi air=H2O bisa terbang tidak ya ?

    • Iyah. Molekul air H2O. Makanya harus dijadikan gas dan dipisahkan antara H dan O-nya dengan elektrolisa air misalnya. Gas Hidrogen (H) yang mampu menerbangkan balon karena gas H lebih ringan dari udara.

  11. Kalau bahan penjual balon yg seperti bubuk hitam itu. dan bahan2 lainnya… ada yg tahu nggak ya……. apa namanya dan dimana bisa dibeli
    Thank’s

    Salam

    indovaria

  12. mau nanya nih, saya pernah melakukan elektrolisis air, tapi ternyata balon tidak bisa menggelembung besar, tapi hanya mengisi saja tanpa membuat balon tersebut menggelembung, nah kalo boleh tahu balon yang anda gunakan, balon apa? dan sebesar apakah balon anda menggelembungnya???
    mohon di balas dengan cepat

  13. saya udah coba praktek buat balon gas, tapi ngak berhasil juga, bahan yang sudah saya gunakan karbit campur alumunium di isi pada tabung yang saya buat di tukang las,balon ngembang cum ngak bisa terbang jg yg ada cuma bau karbit aja, saya jg praktek pakai soda api (bahan campran sabun) campur alumunium jg, malahan ngak bisa kembang yang ada tempatnya aja yang panas, gmana tu bos?

    • Mungkin karena habis menguap. Ingat hidrogen gas yang mudah nguap karena sangat ringan. Sebaiknya Anda meminta saran pada orang yang paham sifat-sifat gas hidrogen serta pengamanannya. Sungguh gas hidrogen berbahaya karena mudah terbakar. Orang yang faham tersebut akan mengajarkan Anda sekaligus memberitahukan cara-caranya agar tidak berbahaya.

  14. kurniawan

    bos kalo bahan2nya seperti itumah gak usah pake listrik juga udah bereaksi berarti ya,,?
    terus kalo bahan2nya air+soda api+stainless stell tanpa listrik terjadi reaksikah?
    oy juga kalo pake soda kue+air+aluminium tanpa listrik bisa juga ga ya??
    ane belum percobaan, soalnya belum ada pendamping bos,,
    trims,,,,,,

  15. adhy

    itu soda apinya di remes – remes pake apa…? kan berbahaya

  16. budi

    apa ada yg jual hidrogen tabung kecil/sedang dmn n brp kira 2 hrgnya
    soda api berapa harganya ?

  17. Salam kenal…….utk aluminum foilnya bisa ngak bekas bungkus susu ..dan seteleh soda api dan aluminum foil di masukan botol , botolnya ditutup ngak…

  18. budi

    saya sudah coba dng botol kecil(kratingdeng) ,pertama kurang reaksi ,namun berdasarkan pengamatan saya waktu kecil,aluminium foilnya sewaktu tukang balon masukan k tb berwarna sept habis dibakar,kemudian saya coba 2 potong al foilnya saya bakar ,setelah dingin
    baru saya masukan ke botol reaksi hasilnya gas keluar lebih cepat dan banyak demikian pnglman saya terimakasih semoga bermanaat

    • Wow, masukan bagus. Ternyata dibakar dulu lebih bagus reaksinya yah. terima kasih masukannya. ya semoga bermanfaat buat kita sekalian.

    • simson

      Untuk dpt gas yg byk apa perlu tabung yg besar? Mau pompa air swimmer

      • Untuk dapat gas banyak, tentu soda api dan alumuniumnya diperbanyak. Tapi pengamanannya yg lebih penting. Bukan pake botol tapi pake tabung besi dan kapasitas tabung itu kita harus tahu agar tak bahaya. Artinya, jika proses kimia terjadi, tabung tetap mampu bertahan dan tidak meledak.

      • simson

        Kl pk tabung dr pvc bisa? Habis balon penuh gasnya dibuang. Proses terjadinya hidrogen itu asapnya atau dr tekanannya
        Thx.

      • Ya bisa saja, asalkan memperhitungkan tekanannya. Lagi pula hidrogen adalah gas yang mudah terbakar dan meledak. Artinya, pengamanannya harus diutamakan sebelum melakukan percobaan. Jangan ada api atau merokok didekatnya.

  19. adyb

    sy tinggal di semarang, tetangga sy jualan balon gas keliling (sambilan khusus hari sabtu n minggu) info dr dia : harga soda api 7500/kg, harga alumunium foil (bhs jawa grenjeng) 8000/kg, grenjeng yg bagus adalah grenjeng yg tipis (bekas dibakar) katanya kalo tipis lebih cepat ngangkatnya, dia menggunakan tiga tabung, tabung pertama utk mencampur adonan urutan sbb : masukkan air, masukkan soda api, terakhir masukkan grenjeng,
    tabung kedua digunakan utk menampung gas hasil adonan dari tabung pertama, dari tabung gas kedua disalurkan lagi pake hose ke tabung ketiga, nah dari tabung ketiga inilah yg ada krannya utk discharge ke balon, kata dia fungsi tabung 2 dan tabung 3 utk menampung gas dari tabung1 agar panas tabung dapat merata pd 3 tabung tsb, dia menjual balon tsb seharga 2500,- kata dia sekali buat adonan dapat menghasilkan kira-kira balon gas, yg biasa dibeli utk anak2, kata dia satu kali adonan bisa membuat kira-kira 25 balon gas, salam

    • Thanx infonya. Semoga menjadi masukan buat pembaca sekalian. Tapi yang harus diperhatikan adalah PENGAMANANNYA. Jangan pernah mencoba kalau belum mengerti cara membuatnya aman.

  20. Adfian

    Tolong jelaskan donk kenapa bisa terjadi reaksi seperti itu? alasannya kenapa?

  21. Thanks sharing knowledge-nya…Smoga bermanfaat untuk kita semua :) Keep SmART :)

  22. bisa gak di aplikasikan pada sepeda motor untuk menghemat bahan bakar

  23. bos…………….klu tabung nya menggunakan tabung menggunakan tabung racun api (merk cub) atau yg sering di gunakan di perkantoran,bs nggak ya.?sy ada rencana mo jual balon gas.sementara utk mencari gas nya susah.salam.kenal utk teman teman di nusantara

    • bisa aja. Tapi konsultasikan dengan orang2 yang mengerti kimia. Krn dapat meledak. jangan eksperimen ilmu kimia tanpa mengetahui antisipasi bahayanya, gunakan alat pengaman. Keselamatan yang utama.

  24. toplekpoto

    bos bagaimana bila soda api diganti dengan air accu yang sudah ada listriknya.atau air accu yang sudah terpakai.bisa tidak

  25. nining savitri

    kak, mau tanya saat air+NaOH+aluminium foil dicampur itu kan menimbulkan gas hidrogen,, jika hanya air+NaOH dicampur tanpa aluminium foil apakah itu bisa menimbulkan gas hidrogen juga ?
    terima kasih..

    • Dicoba saja. :). Tujuan dari Blog ini agaradik-adik terinspirasi untuk terus melakukan percobaan, Jangan lupa harus didampingi atau dengan petunjuk yang mengerti. Terutama untuk keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s