Membuat Baterai Sederhana


Oleh: FNU Abdillah

Adik-adik pelajar, kita buat lagi yuk baterai sederhana.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Plat tembaga ukuran 4 x 3 cm sebanyak 10 buah
2. Plat seng ukuran 4 x 3 cm sebanyak 10 buah
3. Kain-kainan bekas ukuran 3 x 3 cm sebanyak 10 buah
4. Plastik plat ukuran 3 x 3 cm sebanyak 10 buah
5. Karet gelang
6. Air garam.
7. LED sebanyak 1 buah.
8. Kabel.
9. Solder dan timah untuk menghubungkan kabel ke plat tembaga dan seng.

Caranya:

1. Rendamlah kain-kainan dalam air garam sampai basah.
2. Susunlah semua bahan seperti gambar berikut ini.
3. Ikatlah dengan karet gelang
4. Hubungkan kabel dengan plat tebaga dan seng serta LED.

SELAMAT MENCOBA.

About these ads

18 Komentar

Filed under Umum

18 responses to “Membuat Baterai Sederhana

  1. mantab nih, boleh coba. jgn lupa mampir di blog q di rahmad57hidayatullah.blogspot..com

  2. iman

    bagai mana cara pengisiannya, apa bisa diisi ulang atau bagai mana?
    atau kah langsung ada dayanya?
    jawab lewat email ya (sagiman18@yahoo.com)

  3. seharus nya diberikan keterangan lengkap dari tujuan , fungsi dan keuntungan serta kerugian , terima kasih.

  4. hotib

    mkash atas infonya
    saya mau tnya itu dah langsung pake atau harus di isi dulu dayanya?
    Trus alat itu bisa gk kalo di masukin di wadah yg di isi air aki?
    Nti jwbanya kalo bisa lewat inbok fb aj ya
    nih emailnya hotibs60v2@yahoo.com
    lwat fb aj y mas
    mksh

  5. Anak smk

    Bang kalau bisa d tambahin prinsip kerjanya d0nk

    • Prinsip kerjanya mudah saja. Air garam berfungsi sebagai elektrolit. kain-kainan gunanya agar cairan elektrolit (air garam) itu mengendap lama dan tak mudah mengalir/terbuang/kering. Sementara logamnya (tembaga dan seng) berfungsi sebagai bahan untuk terjadinya oksidasi dan reduksi (baca deret volta). Sehingga elektron dapat mengalir dari seng (kutub negatif) ke tembaga (kutub positif). Mengalirnya elektron = aliran listrik. aliran itu akan mampu menyalakan beban (lampu led).

  6. aku udah coba mas.. Kok gak nyala ya, lampunya?

  7. Husen Ja

    Makasih atas infox mas.
    Mau tanya nih.
    apakah air aki bisa digunakan sebagai pengganti air garamx mas?
    apakah ini bisa di jadikan prinsip untuk membuat aki..?
    dan klo bisa bagaimana cara mengkontrol tegangan yang dikeluarkannya?
    sekali lagi makasih atas infonya dan maaf klo pertanyaanx terlalu banyak.

    • Anda dapat menggunakan air aki ntuk elektrolitnya. Hanya saja air aki cukup berbahaya jika kita tidak menggunakan pengaman tangan. Untuk platnya dapat bereksperimen tentang daya yang dkeluarkan perluas penampang 2 buah plat negatif positif. Jika diperoleh 2 volt dan Anda membutuhkan 12 Volt, maka 12/2 x 2 = 12 plat.

      • Husen Ja

        sekali lagi makasih,
        maaf ada 1 pertanyaan lagi,apakah boleh kabel yang menghubungkan plat seng ke LED terbuat dari tembaga..?karena umumnya kabel terbuat dari tembaga.

      • Tidak ada yang larang untuk mencoba degan kabel terbuat dari apa pun. Dengan demikian kita akan menemukan kesimpulan yang tepat ntuk kita.

  8. krisna

    klo boelh tanya brapa volt yang dihasilkan baterai ny,,,??

  9. selain plat tembaga..apakah bisa di ganti..dngan benda yg lain nya..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s