Skema Charger Otomatis OFF Jika Baterai Penuh


About these ads

13 Komentar

Filed under Umum

13 responses to “Skema Charger Otomatis OFF Jika Baterai Penuh

  1. qyu

    M ntu lambang pa?

  2. handy

    komponennya apa aja.mklum.kurang ngerti.

  3. Master

    M menunjuk kepada Ampre meter (karena terhubung seri) untuk mengukur arus? Ini untuk mengisi aki 12 VDC? Aki basah atau kering? Kalau aki basah maka arus pengisian maksimum 10% kapasitas Ah aki, sehingga lama penuh. Kalau aki kering alias gel (seperti yang saya lakukan) maka arus pengisian awal maksimum 40% (tergantung pabrikan) kapasitas Ah tapi tidak melebihi tegangan maksimum pengisian menurut rekomendasi pabrik (disebut tahap fast charge) dan tanpa menggunakan komponen regulator (hanya trafo step down dan bridge dioda, supaya efisien dalam hal penggunaan energi). Lalu ketika hampir penuh tegangan secara manual (dengan mengukur tegangan sambil diisi) diturunkan ke 13,8 VDC (disebut slow charge) dengan bantuan regulator, sehingga akhirnya cepat penuh (kurang dari 4 jam). 13,8 VDC sekaligus sebagai standby charge sehingga dibiarkan selamanya maka aki tidak akan over charge, malah aki terjaga tetap penuh (karena adanya self discharge alias pengurasan sendiri kalau aki tidak dipakai). Apakah Bapak mempunyai skema charger yang cara kerjanya seperti saya lakukan tapi otomatis? Kalau charger demikian yang sudah jadi (buatan pabrik) tapi otomatis dan tanpa trafo step down (malah menggunakan switching power supply sehingga ramping dan ringan) harganya mahal, sehingga saya isi manual.

    • Sayang sekali saya tidak ada skema lainnya. Benar sekali efisiensi baterai tergantung fabrikan. Semakin baik tentu semakin mahal tapi semakin efisien. Terima kasih masukkannya. Semoga bermanfaat bagi kami sekalian.

  4. Master

    Misalkan ada aki basah (X) dan aki kering (Y), keduanya berkapasitas 12 VDC dan 20 Ah (Ampre hours). Maka arus pengisian alias charging current X tidak boleh lebih dari 2 A (10% x 20 A), sedangkan arus pengisian Y tidak boleh lebih dari 8 A (40% x 20 A). Kalau lebih maka usia pakai alias cycle use baterai akan berkurang bahkan baterai akan rusak. Benar bahwa tidak ada baterai ideal alias daya yang diserap baterai untuk terisi penuh adalah kurang dari daya yang disetrumkan, ini disebut efisiensi baterai. Tapi ada juga faktor efisiensi charger (daya keluaran charger kurang dari daya masukan misalnya masukan PLN) sebagaimana komentar saya sebelumnya. Sehingga total efisiensi (efisiensi charger dikalikan efisiensi baterai) berpeluang menjadi rendah.

  5. ngga ada keteranganya bos kalau diamati ngga putus kalau full cuman di alihkan ke massa kala bisa kasih yang benar2 putus arusnya trims

  6. Master

    Anggaplah SCR 1 yang di dekat “Meter”, dan sisanya SCR 2. Kalau dibayangkan, setelah terminal output charger terhubung ke aki maka SCR 2 menghidupkan SCR 1, kemudian SCR 2 mati karena arus listrik mengalir melewati SCR 1. Ketika aki mendekati penuh maka arus listrik yang melewati SCR 1 anjlok di bawah ambang batas sehingga SCR 1 “sebagusnya” alias “seharusnya” mati. Tapi tegangan dioda zener yang beranjak stabil akan menghidupkan “sesaat” SCR 2 sehingga menghidupkan “sesaat” SCR 1. Demikian seterusnya sehingga menyerupai “flip flop” alias “lip lop”, jadi aki yang hampir penuh diisi secara terputus-putus alias “trickle charge”, sehingga tidak kepenuhan malah terjaga tetap penuh, tapi tergantung akurasi kalibrasi VR 500 ohm dan stabilitas tegangan PLN. Berarti resistor 30 ohm, 47 ohm, dan SCR 2 menjadi cukup panas (yang mulia Albert Einstein menuliskan E = m x c x c). Apakah benar begitu Mas Abdillah (mohon maklum kalau ada kesalahan)?

  7. mas bro bisa minta tolong skema charger untuk batere AA yang pake switching

  8. bambang hardoyo

    mas …., sy pemain tingkat pemula mau praktekin skema ini namun sayangnya nilai komponennya ngak jelas, apa bisa di perjelas.., tks

  9. MOHON DI KASIH SKEMA CARJER 4,2 VOLT

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s