Membuat Pembangkit Listrik Mikro Hidro Air Datar Lemah


Oleh: Abdillah, FNU.

Banyak teman-teman di desa yang ingin membuat pembangkit listrik sederhana mikro hydro. Tetapi tidak ada “air terjun” atau aliran sungai ada tapi tidak terlalu kuat. Bagaimana solusinya?.

Untuk mengatasi persoalan itu, kita harus memompa air ketempat yang lebih tinggi. Kemudian air itu dialirkan ke turbin.

Untuk mewujudkan itu, kita sedikitnya membutuhkan 3 buah kincir. 1) Kincir pertama diletakkan di sungai yang mengalir untuk memberi daya engkol pada kincir ke 2, 2) Kincir yang diletakkan diatas untuk memutar engkol pompa, 3) Kincir untuk menggerakkan turbin.

Untuk pompanya kita bisa buat dari pipa besi atau paralon. Hanya saja perlu membuat sumuran disisi sungai jika kita tidak memungkinkan memasang tiang pompa/kincir atas.  Dalamnya sumuran harus melampai tingginya permukaan air.

Selanjutnya, air yang dipompa akan ditampung di bak atas yang melalui pipa disalurkan ke kincir penggerak turbin. Untuk menempatkan bak air di atas, tentunya kita membutuhkan “tower”.

Jika debit air yang dipompa oleh kincir yang berada di sungai dan diatas tower tidak cukup untuk menggerakkan kincir turbin, jumlah kincir disungai dan di tower dapat ditambah lebih dari satu). Lalu dengan pipa dibuat masuk ke bak penampung di tower. Hingga volume air di bak penampung di tower dapat mencukupi kekuatannya menggerakkan kincir untuk memutar turbin.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi Mikro Hydro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s