Penyulingan Air Bersih Tenaga Matahari


Oleh: Abdillah, FNU.

Banyak wilayah di Indonesia yang sulit mendapatkan air bersih. Tapi untuk mendapatkan air tercemar sangat mudah. Kita tentu tidak dapat menkonsumsi air tercemar kalau kita dan keluarga kita ingin sehat. Tapi sayangnya alat pembersih air harganya sangat mahal. Juga biaya pengoperasiannya baik yang menggunakan listrik atau bahan bakar minyak.

Penulis mencoba mencari jalan keluar akan permasalahan itu. Hasilnya penulis berhasil membuat alat penyulingan yang murah dan ramah lingkungan. Yaitu dengan menggunakan energi panas matahari untuk penguapan air. Lihat sket gambar dibawah ini.

Cara kerja dari alat tersebut adalah:

Air yang ada dalam bak penampung yang terbuat dari logam bagian dalamnya akan menguap jika dipanaskan oleh sinar matahari. Air uap akan menempel pada kaca. Lalu secara perlahan akan mengalir mengikuti kemiringan kaca dan akirnya akan jatuh pada ruas penampung disebelah kanan, lalu airnya akan jatuh ke bak/ember penampung.

Barangkali untuk mendapatkan hasil yang baik perlu dilakukan beberapa kali penyulingan. Terutama untuk air yang sangat keruh atau air laut.

Agar airnya dapat diminum atau dipergunakan untuk masak, air haruslah dimasak dahulu untuk mematikan bakteri yang mungkin masih ada/terbawa karena letak air tercemar dalam bak dekat sekali dengan ruas penampungnya.

Silahkah dikembangkan untuk hasil yang lebik baik bagi pada peneliti muda yang produktif. Semoga hasilnya dapat disebar luaskan untuk menolong saudara-saudara kita yang kesulitan air bersih.

Catatan: Untuk plat bagian dalam bak sebaiknya menggunakan plat logam tahan karat seperti alumunium, stainless steel, dll. Jika tidak ada atau mahal, dapat menggunakan seng atau plat besi. Hanya saja harus diterus dibersihkan dan diganti bila terdapat karat.

1 Komentar

Filed under Umum

One response to “Penyulingan Air Bersih Tenaga Matahari

  1. sudjari

    Salut dengan ide ini, perlu dikembangkan agar alat ini bisa bekerja secara otomatis untuk pengisian bak airnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s