Cara Membuat Generator DC (Alternator) 3 Phasa – Bagian 2: Membuat Plat Magnet


Oleh: Abdillah, FNU.

Pada bagian ke 2 ini kita akan membuat Plat Magnet. Plag Magnet ini adalah bagian yang akan diputar oleh kincir angin pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau kincir air pada Pembangkit Listrik Mikro Hidro.

Yang perlu disediakan adalah Plat Besi bulan dengan tebal sekitar 3 – 5 mm dengan diameter 10  Inchi dan Batangan Magnet Neodymium sebanyak 8 buah. Magnet neodymium adalah magnet kuat yang paling baik untuk membuat alternator. Jika tidak ada, dapat menggunakan magnet lain yang terbuat dari kramik yang biasa digunakan untuk speaker.

Bentuk, susunan, dan tata letaknya dapat dilihat pada gambar berikut.

Contoh Susunan Plat Magnet dan Plat Kumparan pada “alternator” (Generator Listrik DC) yang akan kita buat. Perhatikan tata letak kutub-kutub magnetnya.

 

 

Contoh Plat Magnet yang menggunakan 16 buah Magnet Neodymium

(Bersambung. Insya Allah).

38 Komentar

Filed under Umum

38 responses to “Cara Membuat Generator DC (Alternator) 3 Phasa – Bagian 2: Membuat Plat Magnet

  1. faris

    mas part 3 nya ga ada nih?

  2. faris

    kira kira kalo rpmnya 1oo, bisa keluar berapa watt itu mas? thx

  3. berminat nih bikin sendiri bisa bantu ?

  4. Arul

    tempat jual maghnet neodymium di Indonesia kira2 di mana ya Mas? thanx

    • Itu susahnya. Sulit dapatkan magnet neodymium di Indonesia. Mungkin bisa menggunakan magnet neodimium dari bekas harddisk komputer. Atau kalau tidak ada, dapat menggunakan magnet kramik (magnit yang biasa digunakan untuk speaker).

      • Muhamad Wahyu Hidayat

        Cari di Facebook: “Jual Magnet Neodymium”

      • Pakai magnet keramik yang gauge kuat juga bisa kok ternyata. Jangan bergantung pada neodimium magnet kecuali memang dibutuhkan gauge magnet yang sangat kuat seperti untuk koil berinti udara. Jika inti logam dapat gunakan yang keramik asalkan gaugenya kuat.

  5. Rosadi

    Mas,kalo untuk dinamo pompa air itu komponen nya sama ga seperti komponen alternator.dan bisa ga di gunakan untuk pembangkit listrik

    • Nah sebaiknya Anda belajar dulu soal dinamo (motor listrik). Pertanyaan Anda adalah kesempatan bagi diri Anda untuk mengetahui tentang motor listrik lebih jauh. Di net banyak informasinya.

  6. mas dari kumparan tu ka ada 3 kabel lepas tu nyambung nya kemana aja?
    maaf gak ngrti elektro tapi pingin nyoba…. trims…

  7. arifin

    mas, itu diameter plat nya brp yah? apa semakin banyak magnetnya semakin baik
    terimakasih

    • Muzakkir.

      Makin besar diameter plate kmmungkinan pasang kumparan dan magnet lbh luas dan banyak, hasil akhir akan menaikkan tegangan atau arus tergantung hubungan (seri atau paralel).
      Semoga terjawab, tks.

  8. wah kbetulan bang ni saya jg lg riset jg.cuma bahan magnet neodimium susah di cari disini,..
    disk magnet berputar gk tu bang?

  9. Mas untuk keluar 12 volt berapa gulungannya dan berapa lilitannya

  10. Saya berencana ingin membuat pembangkit listrik tenaga angin skala rumah tangga, saya mohon ijin, artikel Anda akan saya jadikan salah satu referensi. Saya mau tanya :
    1. Kalau 35 gulungan menghasilkan 12 V, itu akumulasi dari 3 kumparan yang dihubungkan seri?
    2. Kalau kawat email yang tersedia ukurannya lebih kecil, apakah bisa diparalel 2 atau lebih kawat digulung bersamaan dalam 1 kumparan? (di Youtube ada yang memparalel sampai 8 kawat sekaligus!).
    3. Kalau plat besi tempat merekatkan magnet diganti dengan bahan lain (kayu atau bahan lain yang bukan logam) apakah berpengaruh terhadap besarnya tegangan output?
    Maaf, pertanyaan saya banyak, terima kasih atas jawabannya Pak Abdillah.

    • 1. Ya;
      2. Ya, saya selalu begitu. Karena cari yang murah😀.
      3. Pasti ada pengaruhnya. Coba cari apa pengaruhnya? Jadilah ilmuwan energi bru. Negara kita butuh sekali.

  11. untuk magnet neodymium bisa diorder ke saya… lumayan ada stock…. bentuknya sperti yg digunakan di hardisk komputer lebar 20mm pnjang 45mm dan tebal 6mm cukup buat 100 turn 48 volt… soalnya saya lagi buat turbin angin magnetic levitation dengan alternator axial magnet permanen… tugas akhir ceritannya… hhehe bisa hubungi saya no hp 089673843118 atau pin bb 545794f9 . trimakasih semoga bisa membantu

  12. bucel okeh

    Bung admin yg nantinya berputar itu plat magnet nya atau plat kumparan nya atau ketiganya berputar secara bersamaan??
    Terimakasih

  13. rizki

    Kalo plat magnetnya satu masih bisa buat listrik kan?

  14. junaidi

    maknit itu selalu 2 kutub, kutub UTARA dan kutub SELATAN, Apakah ada maknit TUNGGAL seperti gambar yg letak piring maknit diatas?

  15. van hupler

    generator dipasaran misal ST3-3000watt itu kan pakai magnet induksi 4 kutub dgn rpm 1500.klo magnet induksi itu diganti dgn magnet neodymium dan kutubnya ditambah menjadi 8 kutub yg artinya yg tadinya lingkaran 360° itu dibagi 4 kutub skrg dibagi 8 kutub…pertantaanya apa kira-kira rpm generator itu jadi lbh rendah yg tadinya 1500rpm bisa dibawah itu krn kutub jadi 8 skrg?makasih atas jawabannya yg tau….

  16. Heru

    Dengan jumlah gulungan 60-70, diameter kawat 1mm bisa menghasilkan arus berapa amper?

  17. thamringultom

    mas, nanti yang berputar magnet atau gulungan mas.. thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s