Air Laut Sebagai Sumber Listrik


Oleh: FNU Abdillah

Banyak ahli yang memikirkan memanfaatkan air laut sebagai sumber listrik. Umumnya mereka berfikir memanfaatkan tekanan ombak untuk menggerakkan turbin listrik. Tapi sepertinya belum ada yang berfikir bahwa air laut dapat dimanfaatkan sebagai elektrolit baterai untuk menghasilkan listrik.

Sebuah gagasan (ide) saya adalah menghasilkan listrik dari air laut. Dimana air ditampung dalam bak penampung yang sekaligus berfungsi sebagai penjemur air laut untuk meningkatkan kadar garam. Setelah kadar garam meningkat, air laut tersebut dimasukkan ke baterai sebagai fungsi elektrolit. Kemudian listriknya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Dengan cara tersebut, listrik yang dihasilkan tidak cukup besar dan cepat habis kemampuan elektrolitnya untuk menghasilkan listri pada baterai bank. Untuk mengatasi hal itu, tentu kita harus sering mengganti cairan elektrolitnya.

Masalah lain adalah perubahan pada plat logam yang dijadikan anoda dan katoda. Karena proses reduksi dan aksidasi sudah tentu lapisan pada permukaannya berubah. Untuk mengatasi hasil ini, perlu dicari cara agar loga pada katoda dan anoda selalu dalam keadaan normal seperti pada awalnya.

Gambar: Sketsa Sederhana Pemanfaatan Air Laut sebaga Sumber Listrik Baterai

Ini baru sebuah gagasan dan saya belum mencobanya. Ada yang mau mencobanya?.

4 Komentar

Filed under Umum

4 responses to “Air Laut Sebagai Sumber Listrik

  1. achmad rifdatul hisan

    saya sama-sama mmpunyai cita2 seperti itu,dengan memanfaatkan air laut sebagai sumber listrik.namun saya belum menemukan bagaimana cara yang baik untuk merealisasikannya,karena saya masih mahasiswa tngkat 1 dijurusan teknik fisika.mungkin bisa brtukar pikiran?

    • 4 kemungkinan air laut dapat dikonversi jadi listrik. 1. Aliran arusnya, 2. Tekanan ombaknya, 3. Daya elektrolitnya, 4. Kandungan kimia air laut (diantaranya hidrogen dan oksigen). Mungkin masih ada yang lainnya?.

      • achmad rifdatul hisan

        wah kalau kaka tanya ke saya apa saja,.saya blum punya ilmunya sampe kesana.kira-kira kalau point satu dan dua dari pengkonversiannya itu bagaimana caranya?pengen tau banyak saya ka.
        maaf kalau bnyak bertanya

  2. Untuk poin 1: Air laut itu mengair dari satu tepat ke tempat lain. Nah pada daerah yang kita ketahui air laut itu mengalir, kita dapat memasang kincir aliran air laut untuk menggerakkan turbin. Kuncir bisa kita buat seperti kincir angin. Untuk poin2: tekanan ombak air air laut dipantai, dapat kita buat untuk menekan sesuatu yang mampu memutar turbin. Mekaniknya mirip dengan cara kerja mesin jahir manual. Sehingga, tekanan air laut yang datang dan pergi di pantai dapat menggerakkan turbin listrik. Kira-kira begitu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s