Skema Rangkaian Adaptor 48 Volt


15 Komentar

Filed under Umum

15 responses to “Skema Rangkaian Adaptor 48 Volt

  1. mas postingan yg ini saya tertarik juga, klo seumpama saya ingin membuat 1trafo dengan 5output 12V, skemanya seperti apa dan berapa besar amper trafo yg sesuai?? trus gambar dr gambar di ats yg paling kanan sendiri tu dioda ya??

  2. oh…sepertinya saya agak sedikit paham??
    jd rangkaian nya seperti biasa tapi ampernya saja yg di naik kan jd 5A, begitu ya?

    lalu klo dioda nya itu ada ukurannya gak mas??

  3. Pussy12yo

    Mengapa perlu adaptor kalau untuk dan ada power supply PC? Apakah kurang kerjaan?

  4. Master

    Efisiensi daya trafo umumnya minimal 95% (sedangkan power supply PC yang Switched Mode Power Supply adalah paling tinggi hanya 75%). Literatur Fisika SMP, Fisika SMA, dan Keterampilan Elektronika SMP dan SMA (kalau diadakan) menuliskan bahwa semakin besar arus mengalir semakin naik suhu semakin turun efisiensi trafo (karena hambat jenis kawat kumparan naik sehingga total hambatan naik, gel pembatas antar lempengan inti mencair sehingga kebocoran induksi magnet naik, kawat kumparan bertambah panjang sehingga dimensi dan tata letak kumparan berubah sehingga kebocoran induksi magnet naik, dll). Literatur “digital” menuliskan sebagusnya kapasitas arus sekunder adalah minimal 2 kali arus beban. Misalnya kipas 12 V/0,15 A. Untuk 5 kipas yang diparalel maka total arus beban adalah 5 x 0,15 A = 0,75 A. Sehingga kapasitas arus sekunder trafo adalah minimal 2 x 0,75 A = 1,5 A, tentu tegangan sekunder 12 V. Selain itu tegangan jatuh dioda penyearah frekuensi rendah berkisar 0,35 V – 0,70 V (silahkan lihat datasheet dari pabrik pembuat). Sehingga trafo CT dengan penyearah gelombang penuh (terminal sekunder 0 V dipakai) menggunakan 2 dioda adalah paling efisien, karena hanya melewati satu dioda penyearah. Tapi harga trafo CT adalah di atas harga trafo engkel sehingga menimbang beban penyusutan dari investasi. Dioda juga memiliki batasan arus maju (forward current), kalau lebih maka dioda akan putus atau terhubung pendek alias shorted circuit. Besaran arus AC berubah-ubah sehingga besaran arus maju dioda penyearah juga berubah. Kalau bacaan Ampre Meter AC di sekunder trafo adalah 1 A AC (ini disebut arus efektif) maka arus maksimum adalah 2 x 1 A AC = 2 A AC, sehingga kapasitas arus dioda penyearah adalah minimal 2 A DC (dengan syarat tegangan PLN stabil tidak lebih dari 220 V AC). Kipas angin, trafo, dan dioda termasuk beban induktif yang merusak faktor daya sehingga sebagusnya di output dioda dipasang kapasitor misalnya kapasitor elektrolit, kecuali sudah memiliki alat penghemat listrik alias power factor corrector. Tapi untuk amplifier sound system maka kapasitor itu tetap dibutuhkan untuk mengurangi bunyi berdengung di speaker, demikian juga peralatan elektronik lain yang mengharuskan tegangan stabil. Dll.

  5. Master

    Perbaikan: “… maka arus maksimun adalah 2 x 1 A AC …”. Sebagusnya ditulis: “… maka arus maksimum adalah 2^0,5 (alias akar 2) x 1 A AC = 1,41 A AC, sehingga kapasitas arus dioda penyearah adalah 1,41 A DC (dengan syarat tegangan PLN stabil tidak lebih dari 220 V AC)”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s