Segway Analog Tanpa Pemrograman


Oleh: FNU Abdillah

Segway adalah kendaraan listrik dua roda untuk jarak dekat. Segway menggunakan sistem keseimbangan yang menggunakan Gyro Elektronik. Untuk membuatnya, kita dapat membuat secara mudah dengan tanpa pemrograman seperti skema berikut ini.

Jika A diberi tegangan, maka kedua roda akan maju.
Jika B diberi tegangan, maka kedua roda akan mundur.
Jika C diberi tegangan, maka roda satu berputar ke kanan dan roda 2 berputar ke kiri.
Jika D diberi tegangan, maka roda satu berputar ke kiri dan roda 2 berputar ke kanan.

Jika menggunakan MOSFET Transistor, skemanya sebagai berikut:

Untuk keseimbangan, dapat dibuat menggunakan Potensiometer yang diberi bandul. Kaki potensiometer yang kiri ke titik A dan yang kanan ke titik B. Sedang yang tengah ke tegangan positif 12 Volt.

Sensor keseimbangan/akselerasi putara motor.

Sensor tersebut di atas, adalah karya saya sendiri. Hanya dapat digunakan pada rangkaian analog (gambar paling atas) dan bukan yang menggunakan MOSFET.

Catatan: Pada posisi datar, tegangan di A atau B potensimeter harus 0 Volt. Untuk itu harus ditambah resistor yg sesuai pada titik A dan B potensiometer Tegangan baru ada pada posisi miring kiri atau kanan. Semakin miring, keluaran tegangan semakin besar.

Untuk melakukan gerakan putaran potensiometer tidak diberi bandul. Tapi pemutarnya adalah Stang Segwaynya. Kaki kiri ke C dan Kaki kanan ke D. Sedang yang tengah ke positif tegangan 12 Volt.

Selamat mencoba.

7 Komentar

Filed under Umum

7 responses to “Segway Analog Tanpa Pemrograman

  1. fajar

    salam kenal.

    wah saya jadi tertarik untuk nyobain hasil karya nya. kira2 di jual tidak y? trus harganya berapa?

    trimakasih.

    • Wah disini lahan belajar. Kami tidak menjual tapi kita sama-sama bisa saling tukar informasi atas percobaan yang dilakukan. Terima kasih.

      • arif

        Mas saya gak terlalu ngerti elktronik tapi saya lagi belajar maunya sih jadi bisa hehe . Itu maksudnya rele itu apa yah . Trus kalo misalkan pake motor dc yang 500w yang suka di pake e bike diodanya harus berapa ampere dan rele nya yang seperti apa . Trus juga potensiometernya yang kaya gimana supaya sesuai dengan motornya. Di tunggu banget informasinya . Perlu banget ilmu pliiisss

      • Rele relay, dioda murah, dicoba coba aja

  2. widya

    thanks infonya… saya berminat menjadikan topik berikut untuk tugas akhir..
    mohon bantuan ilmunya ya..
    trima kasih

  3. inddark

    ijin kopas di FB,.,.
    ,, soalnya ane dapat tugas ini,.,. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s