LISTRIK TENAGA OMBAK (GELOMBANG LAUT)


 

Tahukah adik-adik bahwa gelobang laut yang dapat kita lihat di pantai itu dikonversi (dijadikan) tenaga listrik?Cobalah tanya guru IPA kalian.

Tulisan Kak Abdillah kali ini, sedikit akan membahas tentang bagaimana ombak di pantai dapat dijadikan sumber tenaga listrik.

Kakak berharap suatu saat diantara adik-adik akan ada yang menjadi ahli listrik tenaga ombak. Sehingga semua daerah di Indonesia dapat teraliri listrik dengan biaya murah. Jangan seperti sekarang ini, anak-anak di daerah terpencil, terutama di pulau-pulau kecil, mereka belum merasakan listrik. Kasihan mereka.

Untuk memanfaatkan ombak menjadi tenaga listrik, kita harus tahu terlebih dahulu sifat-sifat ombak laut. Mengetahui sifat-sifat apa pun, itu biasa dilakukan para ilmuwan yang mau meneliti.

MENGENAL OMBAK LAUT

Bagi adik-adik yang pernah ke pantai, coba ingat-ingat bagaimana bentuk ombak laut?. Tentu akan terbayang bahwa air itu “bergulung-gulung” satu sama lain hingga membentuk gelombang. Jika digambarkan, seperti gambar dibawah ini.

Image

 

Bagian-Bagian Laut

Berdasarkan energi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, gelombang laut terbagi dalam dua bagian, yaitu: Ombak dan Arus laut.

 

1. Ombak laut: terdiri dari panjang gelombang (λ= Lamda) dan tinggi gelombang (H=High).

 2. Arus laut: terdapat tiga bagian, yaitu: pertama:  arus atas, arus di bagian atas laut jika dibandingkan dengan arus tengah dan arus bawah, arus atas ini sifatnya lemah: kedua: arus tengah yang sedang; dan ketiga: arus bawah yang kuat.

Meskipun air laut biasanya menuju arah tertentu, namun ia selalu dapat dirasakan arusnya disetiap pantai. Oleh sebab itu, di laut dekat pantai kita dapat menaruh alat pembangkit listrik.

Berbagai Cara Pemanfaatan Ombak

Pemanfaatan Kekuatan Ombak Laut

Tinggi rendahnya dan panjang pendeknya gelombang ombak dipengaruhi oleh besar kecilnya angin. Angin membentuk naik turunnya permukaan air laut. Naik turunnya permukaan air laut disertai kekuatan. Kekuatan inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin, biasanya dengan sistem “tabung” berisi udara atau plastik ringan.

Image

 Image

Pemanfaatan Kekuatan Arus Laut

Image

Image

(BERSAMBUNG)

 

Tinggalkan komentar

Filed under Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s