1 HP = 746 Watt?


“Bagaimana mungkin Pak, motor 1/4 HP dapat hasilkan listrik 1200 watt?” Kata seorang teman pada saya. Dalam hati saya, “orang ini ‘korban’ buku yg dibacanya,”. Kemudian saya menjawab: “benar standar International menetapkan bahwa 1 HP setara dgn 746 watt. Tetapi tidak ada larangan jika kita mampu mengembangkan lebih.”. Teman saya pun diam dan manggut-manggut.

Kuncinya adalah bagaimana kita membangun gearbox dan generator listrik yg efisien.

Hasil percobaan saya membuat PMG Micro linier yang digerakkan hanya dgn tangan saja menghasilkan Voltage maksimal 6,1 volt, amper maksimal 251 miliamper, daya maksimal 1,53 watt.

Hasil diatas diperoleh dari 1200 gulungan kawat 0,3 milimeter pada paralon 1/2 inchi dan menggunakan magnet neodymium silinder 1 buah (diameter magnet 12 mm dan panjang 25 mm).

jika diameter kawat diperbesar, magnet diperbesar diperbanyak, jumlah koil diperbanyak dan dihubungkan seri paralel, digerakkan oleh motor listrik, maka sangat mungkin akan mencapai daya yg kita butuhkan. Hanya saja diperlukan ahli mekanik yg mampu membuat “gearbox” sehingga PMG tersebut melampaui daya motor listrik.

Perlu diketahui bahwa magnet yang bergerak bolak balik keluar dan kedalam lubang cincin koil akan menghasilkan listrik lebih besar ketibang magnet yg tidak masuk kelubang cincin koil. Dengan demikian PMG linier silinder adalah yang tepat digunakan untuk menghasilkan output daya yg lebih besar dari input.

Ucapan terima kasih pada Kang Erry (pembaca blog ini yg kemudian jadi guru saya)yg mengilhami saya dgn bentuk PMG linier silinder.

Ada yg mau coba? Yuk kerja bareng. Sediakan saja alat dan bahannya. Kita bisa uji hipotesis bahwa dapat kita buat output yg hasilkan daya yg lebih besar dari input. Sehingga daya output dapat dimasukkan sebagian ke input. Artinya gerak “abadi”.🙂

4 Komentar

Filed under Umum

4 responses to “1 HP = 746 Watt?

  1. sugeng kadarwanto

    apakah alternator dapat digunakan sebagai gennerator ?

  2. welly

    pak bisa pandu saya untuk buat listrik tenaga magnet abadi ? sy perlu sekitar 3000 watt .sy mau bantu unt orang disulawesi pelosok gunung yang sampai saat ini belum ada listrik pln. sy sudah buat magnet yang berputar sendiri. tp kata temen 2 itu gak abadi bisa habis kalau tidak ada energi yang membantu berputar. sy bingung juga karena rpm yang dihasilkan sangat rendah saya berusaha buat gear box sendiri ..eh kok tidak mau putar krn berat padahal terbuat dari plastik. sy bny mencoba tapi gagal disamping itu bny yang menjerumuskan saya.memang saya awam dibidang ini tapi saya punya keinginan kuat unt membantu masyarakat pinggiran yang hidupnya susah .bisa tolong saya pak ? sy tertarik ulasan bpk membuat arus dc menjadi dc 3 phase tapi saya tidak membutuhkan 3 phase cukup 2 phase saja dengan volt 12 dan ampere besar agar saya bisa pake inverter ke 220 ,mereka butuh satu rumah cuma 500 watt dan saya buatkan 1 bisa dapat 4 sampai 5 rumah syukur kalau bisa 4 / 5 ribuan. mereka juga jauh dari toko dan angkutan sehingga baiknya dihindari pakai accu krn perawatannya pasti gak ngeeti.trims

Tinggalkan Balasan

