Mengenal Baterai Aki


Pada kesempatan ini saya sedikit akan membahas tentang aki (baterai aki/accu). Yaitu tentang jenis yang dikenal selama ini. Khususnya mengenal Baterai Lead Acid (Lead Acid Battery).

Pada dasarnya ada dua jenis beterai aki, yaitu:

1. Starting Battery. 

Baterai jenis ini digunakan pada alat-alat atau mesin yang membutuhkan daya tinggi pada saat dinyalakan, seperti pada mobil atau motor. 

Di dalam starting baterai bila kita buka box pelindungnya terdapat lempeng-lempeng logam tipis (sel-sel baterai), guna sel-sel tersebut untuk membangkitkan listrik berdaya kuat segera sesaat digunakan. Karena berdaya kuat, daya simpanan listriknya juga lebih mudah habis. Oleh sebab itu biasanya setelah dipakai langsung sambil diisi seperti pada kendaraan mobil atau motor. Sehingga dalam beterai starting tersebut selalu terdapat arus listrik. Jika tidak langsung diisi, starting battery akan cepat rusak. 

2. Deep Cycle Battery

Berbeda dengan starting Battery, Deep Cycle Battery memiliki sel-sel lebih tebal. Hal tersebut membuat deep cycle battery lebih stabil pengeluaran dan lebih “slow” dalam penyimpanan arus listrik. Deep Cycle battery dapat digunakan arus listriknya sampai habis dan kemudian baru diisi lagi. (Hal tersebut berbeda dengan Starting battery yang tidak boleh digunakan sampai habis lalu diisi. Tapi harus digunakan sambil diisi).

Deep Cycle Battery dapat digunakan untuk Battery Bank pada pembangkit-pembangkit listrik yang memerlukan simpanan arus listrik. Seperti: wind turbin, mikro hidro, dan lain-lain. Namun tidak cocok digunakan untuk battery pada mobil dan motor atau mesin-mesin yang membutuhkan arus listrik besar pada saat dihidupkan (starting).

Image

Selain perbedaan di atas, aki juga dibedakan:

1. Flooded Lead Acid Battery (FLA) 

    Di masyarakat dikenal dengan aki basah.

2. Valve-Regulated Lead Acid Battery (VLRA)

    Di masyarakat dikenal dengan aki kering. Padahal penamaan aki kering tidak tepat. Karena didalamnya juga terdapat cairan asam     yang berbentuk cair atau jelly. Lebih tepat jika disebut Sealed Lead Acid battery atau Sealed Maintenance Free battery.Mungkin         karena tidak perlu perawatan seperti pada aki basah, dianggap banyak orang sebagai aki “kering”.

Pada aki VLRA, terdapat dua jenis, yaitu:

2. a. Gel Cells
Aki jenis ini, elektrolitnya berbentuk jelly. Kelemahan aki ini tidak boleh digunakan untuk mesin yang membutuhkan arus tinggi (discharging), dan juga tidak boleh voltage lebih besar saat charging. Selain itu, jika pengisian sudah penuh harus segera dihentikan pengisian arusnya, karena akan dapat merusak battery jenis ini. Oleh karenanya, jenis ini tidak cocok digunakan untuk menyimpan listrik pada alat-alat pembangkit listrik seperti wind turbin, mikro hidro, dan lain-lain.

2.b. Absorbent Glass Mat Battery (AGM).
Aki jenis ini memiliki separator (pemisah) yang terdiri dari fiberglass yang diletakkan di antara sel-selnya, dimana guna separator fiberglass itu sebagai penyerap cairan elektrolit agar tersimpan di pori-pori fiberglass. 

Kelebihan AGM baterry adalah:

– Arus listrik dapat disimpan untuk waktu yang lama tanpa harus dicas ulang sebab penurunan kapasitas / tegangan aki pada kondisi tanpa beban karena adanya resistansi internal (self-discharge)-nya sangat rendah (1% – 3% per bulan).

– Resistansi internal-nya sangat rendah, sel-sel tidak akan kepanasan atau melengkung walau digunakan pada beban yang membutuhkan arus yang besar atau saat di-cas ulang dengan arus listrik yang tinggi.

– Bebas perawatan, anti penguapan, anti bocor .

Baterai aki jenis ini sangat cocok untuk digunakan bagi keperluan pembangkit listrik yang kita buat. Namun sayangnya, harganya sangat mahal😐

 

Tinggalkan komentar

Filed under Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s